SDGs ITPLN > News > REVITALIASASI WEBSITE MAN 12 JAKARTA SEBAGAI MEDIA INFORMASI DIGITAL KEPADA MASYARAKAT

REVITALIASASI WEBSITE MAN 12 JAKARTA SEBAGAI MEDIA INFORMASI DIGITAL KEPADA MASYARAKAT

Posted by:
Category:
REVITALIASASI WEBSITE MAN 12 JAKARTA

Salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang rutin dilakukan oleh Institut Teknologi PLN adalah Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Pada September 2019 tim PkM dari Fakultas Telematika Energi melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di MAN 12 Jakarta, Kelurahan Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat.

Kegiatan ini dilatarbelakangi pihak sekolah MAN 12 Jakarta bahwa saat ini eksistensi sekolah didunia digital dirasa kurang baik. Banyak informasi tentang kegiatan siswa tidak tersampaikan kepada masyarakat luas. Padahal salah satu tolak ukur dalam penilaian akreditasi sekolah adalah seberapa banyak kegiatan siswa yang dilakukan disekolah ini. Banyaknya kegiatan yang dilakukan disekolah dapat dipublish dalam pemberitaan online salah satunya melalui website.

Website adalah salah satu media informasi digital yang dapat digunakan sebagai media promosi suatu organisasi. Informasi yang disajikan dapat berupa laporan kegiatan atau informasi yang bersifat publik, sehingga pembaca dapat menilai kualitas dan mengetahui gambaran organisasi tersebut melalui media digital. Untuk mencapai tujuan tersebut, MAN 12 Jakarta perlu memperbaharui website yang sudah ada saat ini sehingga MAN 12 Jakarta dapat meningkatkan ekstistensinya di masyarakat. Oleh sebab itu topik dari program PkM ini diberikan judul “Pembaharuan Website MAN 12 Jakarta Sebagai Media Informasi Digital Kepada Masyarakat”.

REVITALIASASI WEBSITE MAN 12 JAKARTA

Tim Pengabdian kepada Masyarakat terdiri dari : Dine Tiara Kusuma., ST., M.Kom sebagai Ketua Pengusul dan 2 anggota pengusul yaitu Yessy Fitriani., ST., M.Kom dan M. Yoga Distra Sudirman., ST., M.TI. Didampingi oleh 5 orang mahasiswa IT-PLN yaitu: Muhammad Adli Ramadhan, Malik Abdul Jabar, Nuggy Nugraha, Nico Alfian Renaldy Gulo, Anisa Selvianingsih.

Pada Januari 2020 tim PkM melakukan analisa kebutuhan pengguna, dalam tahapan ini tim melakukan survey langsung ke MAN 12 dengan melakukan wawancara kepada kepala sekolah dan koordinator akademik. Dari hasil wawancara tersebut disimpulkan beberapa hal yang menjadi kebutuhan MAN12, salah satu diantaranya yang paling urgant adalah mengenai Website sekolah.

Selanjutnya adalah menyusun proposal PkM dan Panitia, dalam rangka kegiatan pengabdian kepada masyarakat perlu disusun rencana kegiatan dan pelaksana dalam kegiatan tersebut. Proposal disusun dan diajukan guna memberikan gambaran proses kegiatan ini akan dilakukan, Kemudian Pembuatan Website MAN 12 dan Hosting, pada kesempatan ini tim melakukan Pembuatan Website MAN 12 Jakarta, dimana dalam proses pembuatan website ini menyesuaikan kebutuhan dari pihak sekolah. Setelah semua kebutuhan dianggap telah sesuai langkah selanjutnya adalah melakukan hosting pada tanggal 28 Februari 2020 terhadap website yang telah dibuat.

Berikutnya dilakukan Pelatihan dan Praktek Perawatan Website MAN 12 Jakarta pada Maret 2020. Kegiatan pelatihan penggunaan website yang telah dibuat sesuai dengan kebutuhan pengguna dilakukan agar konten dan berita dari website ini tetap terus dapat diupdate oleh admin. Pelatihan ini dilakukan oleh tim PkM dari IT-PLN kepada admin dari MAN 12 Jakarta. Kemudian Melakukan Praktek Pengoperasian Website MAN 12 Jakarta. Praktek pengoprasian dilakukan dengan mendampingi admin dari MAN 12 Jakarta untuk mengisi konten dan berita yang akan dipublish diwebsite MAN 12 Jakarta.

MAN 12 Jakarta merasa sangat terbantu dengan kegiatan PkM yang dilakukan dari Tim Institut Teknologi PLN Jakarta, terutama untuk permasalahan-permasalahan IT yang dihadapi dari kebutuhan storage dalam penyimpanan data secara online, hosting website hingga maintenance website dan aplikasi online lainnya yang digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar di MAN 12 Jakarta.

Sumber : Senergimas ITPLN

Author:
id_IDIndonesian