SDGs ITPLN > Berita > SDG 09 - Industry, Innovation and Infrastructure > Refillo (Drink Refill Machine Berbasis Aplikasi Android)

Refillo (Drink Refill Machine Berbasis Aplikasi Android)

Posted by: Admin SDGs
Category: SDG 09 - Industry, Innovation and Infrastructure
Itpln Inovasi refill

Tingginya penggunaan air minum kemasan dalam lingkungan kampus, menginspirasi Sekelompok Mahasiswa IT PLN (Cendekia Luthfieta Nazalia, Brigita Tiora, Dhani Oktavian Elfaraby, Agung Prasetya, dan Adam Ramadhan) untuk merancangan sebuah Drink Refill Machine Berbasis Aplikasi Android sebagai Upaya Mendukung Gerakan Pengurangan Botol Plastik di Lingkungan Pendidikan Tinggi.

Drink Refill Machine ini adalah sebuah mesin refill minuman dengan mekanisme yang diatur oleh microprocessor yang didukung oleh beberapa sensor untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan dalam penjualan dan memanfaatkan aplikasi android sebagai interface antara Drink Refill Machine dan User (pembeli) yang mana di dalam aplikasi ini terdapat fasilitas seperti menu pilihan jenis minuman, pilihan takaran minuman, dan dompet online, pemilihan dompet online ini dilakukan karena perkembangan industry 4.0 dimana semua aktivitas sehari-hari termasuk transaksi keuangan dilakukan by application. Sehingga meminimalisir penggunaan uang kertas.

Dalam melakukan pembuatan prototipe Drink Refill Machine, proses pembuatan dapat dibedakan menjadi dua tahapan yaitu pembuatan perangkat keras dan perangkat lunaknya. Pembuatan perangkat keras diawali dengan perancangan rangka alat menggunakan besi siku. Selanjutnya pembuatan tangki penampung menggunakan akrilik 3 mm dengan metode penyambungan di lem (lem epotec) dan sealerm (lem lilin). Tujuan penggunaan akrilik dikarenakan akrilik tahan terhadap pertumbuhan lumut, Pemasangan saluran dan sensor serta katup pada Drink Refill Machine. Kemudian dilakukan instalasi sistem kelistrikan pada Mesin ini.

Arduino digunakan sebagai platform untuk otomasisasi sistem pembukaan katup dengan memanfaatkan data-data dari level sensor, gelas sensor, dan flow meter pada Drink Refill Machine. Sedangkan pemrograman untuk tampilan ke user sendiri menggunakan android studio, yang mana user dapat menggunakan smartphone mereka untuk membeli minuman dari mesin ini. Adapun form penggunaan aplikasi sebagai berikut :

Pengguna akan masuk ke menu login/daftar. Setelah login pengguna akan masuk ke form varian minuman untuk memilih jenis minuman yang ingin dibeli setelah di klik pengunaan akan masuk ke menu volume air yang akan diisi. Kemudian pilih salah satu volume air, yang kemudian akan menampilkan barcode untuk scan pembayaran dan uang akan masuk ke dompet online. Dan untuk riwayat pembelian terdapat Transaksi Saya untuk mencatat semua transaksi yang pernah dilakukan.

Sumber : Cendekia L.N. dan Tim BKMK IT PLN

Author: Admin SDGs
id_IDIndonesian